Gunongan, Persembahan Cinta Sultan Iskandar Muda Kepada Permaisurinya

Jika Thailand memiliki Prasat Hin Phimai, Durban dengan Kastil Stratford dan India punya Taj Mahalnya yang dibangun sebagai simbol rasa sayang dan cinta kasih di Aceh ada Gunongan. Gunongan diambil dari bahasa Melayu artinya gunung, yaitu sebuah bangunan berbentuk gunung yang dipersembahkan oleh Sultan Iskandar Muda untuk permaisurinya Putri Kamaliah dari Negeri Pahang, Malaysia. 

Sang putri yang dikenal dengan nama Putroe Phang sering merasa kesepian di tengah kesibukan suaminya selaku raja. Kenangan ketika di kampung halamannya di Pahang selalu terbayang di pelupuk mata. Sang sultan yang memahami kegundahan hati permaisurinya lantas mendirikan sebuah bangunan berbentuk gunung kecil (Gunongan) sebagai miniatur perbukitan yang mengelilingi istana Putroe Phang di Pahang. Putri Kamaliah diboyong Sultan Iskandar Muda ke Aceh setelah menaklukkan Pahang, Malaysia.

Bangunan berbentuk persegi enam, bertingkat tiga dengan tingkat utama berbentuk mahkota  itu dibangun pada abad ke-16 (1607-1636). Pada bagian dindingnya ada sebuah pintu masuk berukuran rendah yang selalu dalam keadaan terkunci. Dari lorong pintu itu ada sebuah tangga yang menuju ke tingkat tiga Gunongan. Gunongan tiga tingkat serba putih ini tingginya mencapai 9,5 meter dengan puncak bangunan berbentuk bunga yang sedang mekar.

Share:

0 komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *