Ayam Tangkap

Ayam Tangkap, salah satu jenis makanan khas Aceh ini yang tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Salah satu makanan lezat yang memiliki ciri khas rasa rempah-rempah.

Makanan yang terbuat dari bahan dasar potongan ayam kampung yang dipotong kecil-kecil, tersembunyi di dalam dedaunan. Untuk memakanya kita harus merogoh ke dalam tumpukan daun rempah-rempah ini. (ayooo tangkap ayamnya)

Pengolahan ayam ini sangat sederhana, yaitu melumuri ayam ini dengan bumbu rempah-rempah, seperti bawang putih, kemiri, lada, jahe dan tentunya sedikit garam. Setelah ayam dilumuri bumbu tersebut, ayam di goreng lebih kurang sekitar 5-10 menit. Identiknya dan nikmatnya ayam di goreng dengan minyeuk u (minyak kelapa), hal ini bertujuan menambah cita rasa dan nikmatnya ayam tersebut. Tidak lupa untuk dimasukan beberapa genggam daun rempah-rempah seperti, daun pandan, daun salam, dan daun kari, yang nantinya dedaunan ini disajikan dalam piring hidangan, yang menutupi ayam tersebut.

Daun ini sengaja disajikan ke dalam piring, selain menambah daya tarik, dedaunan ini juga menambah cita rasa, dapat juga menjadi lalapan kering. Jika disantap dalam kondisi panas, daun ini serasa bagai kerupuk yang gurih.


Belum lengkap rasanya jika anda sudah berkujung ke Aceh tetapi tidak menikmati cita rasa Ayam tangkap ini.

Share:

0 komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *