Gedung Penyalamatan Tsunami Aceh (Escape Building)

Gedung  ini merupakan tempat penyelamatan warga Aceh jika terjadi bencana alam, terutama tsunami. Bangunan setinggi 10 meter ini juga berfungsi sebagai gedung serba guna, pusat aktivitas masyarakat untuk meningkatkan mata pencaharian dan sebagai pusat evakuasi bencana karena dikonstruksi tahan gempa dan tsunami dengan kapasitas 1000 orang.
Ada tiga escape building yang berada di Desa Lambung, Deah Glumpang dan Deah Teungoh. Sementara satu lagi berada di Gampong Pie, yang difungsikan lebih, sebagai kantor Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC). Di kantor itulah, sering digelar seminar-seminar kebencanaan dan riset tsunami lainnya yang melibatkan para pakar dari berbagai negara.
Bangunan riset tersebut didanai oleh Badan Rekontruksi dan Rehabilitasi (BRR) Aceh-Nias, dengan anggaran sekitar Rp 15 miliar. Sementara yang lainnya adalah bantuan pemerintah Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA), yang masing-masingnya bernilai Rp 10,5 miliar
Desa Lambung sendiri telah ditetapkan sebagai kampung percontohan di Aceh karena memiliki penataan desa yang meminimalkan risiko bencana, berwawasan lingkungan, teratur dan partisipatif, dengan adanya Escape Building (gedung penyelamatan) lengkap dengan rambu-rambu penunjuk arah dan jalur penyelamatan.

Share:

0 komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *