Keumamah Makanan Khas Aceh

Salah satu kuliner Aceh yang satu ini agak unik dalam memproses bahan bakunya. masakan yang bercitra rasa lemak dan pedas ini berbahan baku utama dari ikan, yang umunya ikan segar dipesing lalu di masak tetapi tidak dengan masakan keumamah ini. Ikan keumamah atau populer disebut Eungkot kayee ini berbahan dasar ikan tongkol.

Ikan yang sudah dipesing dikeringkan terlebih dahulu dengan cara di jemur dibawah sinar matahari. atau dapat juga dengan cara di asapkan.  Setelah ikan tersebut kering seperti kayu, ikan di iris tipis tipis. Lalu ikan di rendam kembali di air panas. Sehingga ikan yang keras seperti kayu tadi menjadi lunak, tetapi masih memilki kontur yang keras dan kenyal (tidak mudah hancur). Yang kemudian dimasak di dalam bumbu santan yang telah dibubuhi rempah-rempah, asam sunti (belimbing yang sudah di jemur dibawah sinar matahari) + minyak kulapa tidak lupa diberikan.

Kelezatan ikan keumamah ini sudah tidak di ragukan lagi. Selain aromanya yang menggiurkan. Sangat nikmat jika kita menyantapnya dengan nasi pulen yang panas. Salah satu tradisi yang unik dari masakan ini terdapat pada kalangan anak muda, karena masakan ini identik menjadi menu meramin (memasak dan makan bersama) khusunya anak muda backpacker. Karena ikan yang sudah kering, membuat daya tahan ikan ini menjadi lama. Sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. Serta bumbu rempah-rempah yang bisa dipesan pada pedgang pasar + santan.

Ketika anda menyantap masakan ini, agak identik air liur kita menetes disekitar lidah, bagaikan anda tergiur akan rujak mangga yang asam. Hal ini dikarenakan rasa asam yang di hasilkan sunti tadi. Rasa lemak dan pedas membaur juga di dalamnya, karena terdapat tiga jenis cabe di dalamnya, dari cabe rawit, cabe merah dan cabe hijau. Bukan masakan Asia jika tidak penuh cita rasa di dalmnya, sudah menjadi identitas masakan melayu terkandung banyak rempah-rempah dan asam, manis, asin rame rasanya.

Kadang kala, gulai ini dimasak dengan tambahan kentang, jantung pisang dan kacang panjang. Sesuai selerah anda masing-masing. Tidak sabar menyantap masakan ini, anda dapat berkujnung ke rumah makan yang menyediakan masakan Aceh Besar. Dijamin ketagihan.

Share:

0 komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *