Pulau Sabang

Pulau Weh atau pulau pindah (dalam bahasa Aceh) menggambarkan salah satu tujuan wisata alam yang populer dengan keindahan halaman lautnya. Di pulau ini ada satu kota kecil yang bernama kota Sabang. Pasti tidak asing lagi dengan kota ini bukan? kota Sabang berposisi di ujung barat negeri Indonesia dan masuk ke dalam daerah provinsi Aceh.

Pulau Weh sesungguhnya gugusan pulau yang awal mulanya bagian dari pulau sumatera, tetapi pada era Pleistosen pulau - pulau ini terpisah oleh laut yang disebabkan meletusnya gunung berapi. Pulau weh masih terlihat alami dan luar biasa. Terlebih lagi keindahan halaman laut di pulau ini bisa disejajarkan dengan halaman laut Bunaken di Sulawesi Utara. 

Maka tidak heran bila pemerintah menetapkan pulau weh menjadi salah satu tujuan wisata nasional, teruji dengan banyaknya turis asing ataupun lokal yang berwisata untuk merasakan keelokan panorama alam bawah lautnya.

Di kawasan laut pulau weh, kamu dapat melaksanakan berbagai macam kegiatan berolahraga air sperti berselancar, berenang, memancing, menjelajah dengan perahu, snorkeling dan menyelam. Menikmati wisata dalam air dengan spesies dasar laut pulau weh menggambarkan daya tarik utama di objek wisata ini. Keanekaragaman spesies ikan dan keelokan terumbu karangnya, baik terumbu karang yang keras ataupun terumbu karang yang lunak dari bermacam kategori, wujud dan corak, yang keseluruhannya membentuk gugusan karang yang indah buat dinikmati oleh mata manusia. Beberapa terumbu karang yang terdapat ialah karang lupas, karang rusa dan karang kerupuk.

Anda gemar menyelam? Apabila jawaban kamu ya, maka tempat wisata yang satu ini amat pas buat kamu. Diantara posisi populer di halaman lautnya di pulau Weh adalah Iboih,  Gapang dan pulau Rubiah. Di sana banyak kita temui bermacam berbagai kategori ikan karang seperti parrot fish, tropet fish, dunsel fish dan angel fish. Di halaman wisata alam pulau weh kamu pun dapat menjumpai tugu Nol KM yang terletak di ujung pulau Weh. Tidak cuma itu, selain mempunyai panorama alam yang luar biasa, wisatawan pun akan merasa terkagum - kagum dengan gua - gua alam yang dipakai buat pertahanan tentara jepang pada PD II. Tidak jelas dari mana asal - usulnya, pulau weh pun disebut menjadi pulau legenda yang mempunyai nama lain “golden island”.

Buat kamu yang ingin berkunjung ke pulau Weh, bisa menumpang kapal fery dari kota Banda Aceh dan dapat ditempuh kurang lebih 3 jam. Apabila kamu tidak sabar pingin sampai di tempat tujuan, kamu bisa menumpang kapal cepat yang memakan 45 menit. Cuma, tarif yang wajib kamu bayar jadi lebih besar. Namun buat kamu yang ingin bawa kendaraan sendiri kamu cuma bisa mengangkutnya dengan menaiki kapal lambat.

Diantara sarana dan akomodasi yang akan kamu temukan berupa pondok - pondok penginapan di sekitaran pantai iboih yang dibuat oleh warga setempat, terdapat juga shelter, mck, masjid, kios cendera mata dan hotel yang ada di gapang. Selain hal tersebut ada juga bermacam sarana yang berposisi di pulau Rubiah yang dibentuk oleh dinas pariwisata yaitu pusat aktivitas menyelam yang dilengkapi dengan fasilitasnya (perahu motor dan perlengkapan selam) , mushola, mck, rumah jaga, tower pengawas, jalur setapak, dan halaman. Dan kamu tidak perlu cemas kehabisan baterai kamera atau ponsel demi mendokumentasikan masa - masa liburan kamu di tempat indah ini, karena instalasi listrik telah tersalurkan.

Share:

0 komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *